Pengelolahan Hasil Tani sebagai Penopang Perekonomian di Desa Kaliuling

Administrator 23 Agustus 2022 16:37:39 WIB

Selain terkenal dengan durian dan salak, Desa Kaliuling, Kabupaten Lumajang juga memiliki hasil pertanian kelapa yang cukup melimpah. Pohon kelapa tersebar hampir di seluruh Desa Kaliuling. Produksi kelapa yang melimpah di Desa Kaliuling mendorong masyarakat desa untuk memanfaatkan serta mengolah kelapa menjadi produk dengan nilai ekonomi tinggi. Salah satu masyarakat Desa kaliuling yang sadar akan nilai ekonomi yang tinggi dari kelapa yaitu Ibu suwanti. Ibu Suwanti berhasil mengolah kelapa menjadi VCO atau Virgin Coconut Oil yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ibu Suwanti mengatakan bahwa awalnya kesan masyarakat terhadap minyak kelapa buruk karena di anggap mengandung minyak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan, padahal beliau sudah membuktikan bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat apabila diolah menjadi VCO. “VCO sama minyak kelapa itu beda kak, karena dalam pembuatannya VCO tanpa pemanasan jadi lebih sehat,” ungkap Ibu Suwanti pada sabtu (23/07/2022). VCO dibuat dengan cara memfermentasi santan kelapa untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu agar terpisah antara ampas kelapa, air dan minyak bening yang dikenal dengan VCO.

Dengan mengelola kelapa menjadi VCO Ibu Suwanti berhasil ikut serta dalam menggerakan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di Desa Kaliuling dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

 

  • - KKN UNEJ 470

Komentar atas Pengelolahan Hasil Tani sebagai Penopang Perekonomian di Desa Kaliuling

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kaliuling

tampilkan dalam peta lebih besar